Kamis, 13 November 2014

PEMPROV GELAR RAKOR BERSIH-BERSIH TAMAN NASIONAL BUNAKEN



Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melakukan rapat koordinasi Bersih-Bersih Taman Nasional Bunaken pada Kamis, 13 November 2014 di Ruang rapat Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Sulawesi Utara.
   Rapat Koordinasi dipimpin oleh Drs Sanny Parengkuan dan dihadiri oleh Sekretaris Kota Manado Ir. Haefrey Sendoh bersama jajarannya, Kepala BLH Prov. Sulut Edwin Silangen SE, MS, Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Prov. Sulut Ir. Joy Korah MS, Kepala Biro SDA Setda Prov. Sulut DR Jemmy Kumendong, MSi dan SKPD terkait di Lingkungan Pemprov Sulut dan Kepala DPTNB.
Parengkuan menegaskan bahwa Taman Nasional Bunaken merupakan icon Sulawesi Utara dan menjadi kebanggaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, namun saat ini dinilai oleh wisatawan kurang terjaga kebersihannya, sehingga mempengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung ke Bunaken,  oleh sebab itu diupayakan untuk menjaga dan melestarikan keindahan alam, terutama kebersihan di Taman Nasional dan sekitarnya. Hal ini sejalan dengan kebijakan Gubernur Sulawesi Utara DR Sinyo Harry Sarundajang yang sangat memperhatikan dan peduli dengan kebersihan dan kelestarian Bunaken yang sangat terkenal dengan keindahan alam taman lautnya. Untuk itu sangat diharapkan keterlibatan semua pihak baik pemerintah, swasta, BUMN dan masyarakat untuk berupaya menjaga kebersihkan Taman Nasional Bunaken dan sekitarnya.
   Sedangkan Ir. H. Sendoh selaku Perwakilan Pemkot Manado dalam rakor tersebut melaporkan berbagai kebijakan yang telah dilaksanakan oleh Pemkot Manado untuk menjaga kebersihan serta kelestarian Taman laut Bunaken, dan juga mengharapkan agar Pemerintah daerah di sekitar Manado untuk mengajak masyarakatnya agar tidak membuang sampah sembarangan baik di laut maupun sungai karena akan berpengaruh terhadap pantai di sekitar Bunaken.
Dalam rapat koordinasi tersebut disepakati bersama bahwa
§  Kegiatan Bersih-bersih Taman Nasional Bunaken akan dilakukan rutin setiap minggu dengan melibatkan seluruh stake holder dan akan diawali pada hari Jumat, 21 November 2014 dengan penanggung jawab Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara.
§  Akan dilaksanakan Rapat Teknis Pelaksanaan sebelum pelaksanaan kegiatan dan selain Pemprov dan Pemkot juga diharapkan hadir dari POLDA, Korem, Mega Mall, Mantos, LSM, PLN dan lain-lain juga akan dilakukan pembagian lokasi dan tanggung jawab masing-masing.
§  Diharapkan masyarakat lebih menyadari lagi untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi di membuang sampah disungai yang semuanya bermuara di Laut dalam hal ini di Teluk Manado lokasi Taman Nasional Bunaken, mengingat saat ini adalah musim hujan (Drs. Jahya Rondonuwu, MSi, Kabag Humas selaku Jubir Pemprov).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar