Senin, 07 Desember 2015

Sumarsono Jadi Keynote Speaker Sosialisasi BKKBN





Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga yang esensinya menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, diarahkan untuk mengupayakan kuantitas penduduk melalui program Keluarga Berencana dan  Kesehatan Reproduksi, serta Pembangunan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga sebagai perwujudan norma Keluarga Kecil, Bahagia dan Sejahtera.

Hal itu ditegaskan, Penjabat Gubernur Sulut Dr. Sumarsono, MDM sebagai Keynote Speaker pada acara Sosialisasi Program Revitalisasi Posyandu serta Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga, yang digelar BKKBN Sulut di Ruang Mapaluse Kantor Gubernur (07/12), kemarin.
“Disadari, bahwa saat ini masih terdapat berbagai permasalahan kependudukan, seperti besarnya Pertambahan Jumlah Penduduk secara Absolut, masih tingginya angka kelahiran pada ibu usia 15-19 Tahun, serta rendahnya dan tidak signifikannya kenaikan pemakaian kontrasepsi (CPR) selang wakut 15 Tahun terakhir ini, berdampak pada struktur dan kualitas penduduk, yang kurang menggembirakan”, jelas Sumarsono.
Sehingga berdampak negatif terhadap sejumlah aspek seperti penyediaan sarana kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan, peningkatan subsidi pemerintah bagi kebutuhan hidup masyarakat, ketersediaan pangan, energi dan sebagainya. Jelas Dirjen Otda Kemendagri.
Terkait dengan Revolusi Mental, yang dilakukan melalui revitalisasi Program ini Sumarsono berharap peran Pengelola Program KKBPK mampu menghentar dan mengawal gerakan ini ke tengah-tengah masyarakat. Ini merupakan wujud dari upaya kita dalam memperjuangkan keluarga-keluarga Indonesia menjadi keluarga yang berkarakter dan bermartabat, dengan demikian Sulut akan semakin berkontribusi dalam mewujudkan Bangsa Indonesia, menjadi Bangsa yang Berdaulat dalam bidang Politik, Berdikari dalam Bidang Ekonomi dan Berkepribadian dalam Budaya.
Untuk itu diharapkan BKKBN segera melakukan pembinaan kader-kader di desa dengan melibatkan Aparat Desa/BPD, dinas kesehatan dan TP-PKK, dengan menghidupkan kembali Posyandu dengan Sistem Lima Meja yang dimulai dari Meja Pendaftaran sampai di meja terakhir yaitu Meja Penyuluhan yang didalamnya terdapat tenaga Medis. Menurut Penilaian Gubernur kegiatan seperti ini mulai redup di beberapa daerah, sembari mengajak mari kita kembangkan ini di daerah Sulut.
kewaspadaan keluarga sangat penting
Sementara Inspektur Utama BKKBN Pusat Dra. Mieke Sangian, M.Si memberi apresiasi pada Penjabat Gubernur Sumarsono, karena di akhir tahun telah menggelar acara ini. Sangian juga menyebutkan Putra-Putri Sulut berhasil keluar sebagai Juara I dan Juara II Duta Mahasiswa dalam rangka mensosialisasikan Salam Gendre. Sembari menambahkan bahwa petugas BKKBN se-Indonesia mengalami kekurangan tenaga, hingga kini tinggal 15.000 orang petugas BKKBN, hal itu dikarenakan ada yang sudah jadi Camat dan Bupati. Idealnya setiap 2 desa harus ada 1 Petugas BKKBN.
Sangian juga berharap BKKBN Sulut terus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk terus membangun daerah tercinta Bumi Nyiur Melambai di sektor Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga. (Humas Pemprov Sulut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar